Jumat, 30 Mei 2014

PROMOSI

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1.     Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2.     Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3.     Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4.     Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5.     Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6.     Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7.     Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.
Cara promosi[sunting | sunting sumber]
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
1.     Melalui e-mail
2.     Melalui sms
3.     Melalui pembicaraan
4.     Melalui iklan
5.     Media sosial
Contoh promosi antara lain:
1.     Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X
2.     Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
3.     Beli kaos kaki seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
4.     Diskon 50% bagi produk tertentu di Department Store
Beli coklat malam hari dapat segelas teh gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar