Sabtu, 31 Mei 2014

KONVENSI

LINGKUP USAHA JASA KONVENSI
USAHA JASA PARIWISATA
KONVENSI
a Arti Konvensi

Istilah konvensi pada awalnya dimengerti sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang ketika sedang berkumpul untuk suatu tujuan tertentu diantara mereka sendiri. Banyak pengusaha hotel kecil pada umumnya mempertanyakan : Apa konvensi itu?
Sebaliknya bagi mereka yang sudah berpengalaman mengelola hotel besar, istilah konvensi merupakan sebuah bisnis yang potensial bila dikaitkan dengan industri pariwisata.
Dalam diktat yang berjudul pengetahuan dasar wisata konvensi untuk perkuliahan Akademi Pariwisata Trisakti, penulis memberi batasan istilah konvensi ini sebagai berikut: Konvensi adalah pertemuan sekelompokorang yang secara bersama-sama bertukar pikiran, pengalaman dan informasi melalui pembicaraan terbuka, saling siap untuk mendengar dan didengar serta mempelajari, mendiskusikan kemudian menyimpulkan topik-topikyang dibahas dalam pertemuan dimaksud.
Pengertian Pariwisata

Pariwisata sebagai fenomena global, telah menjadi suatu kebutuhan dasar yang melibatkan ratusan juta manusia. Sebagai kebutuhan dasar, sudah sepantasnya berwisata menjadi bagian dari hak asasi manusia, yang harus dihormati serta dilindungi. Hal inilah yang akhirnya membuat berbagai organisasi internasional seperti PBB, Bank Dunia dan World Tourism Organization (WTO), mengakui bahwa pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi.
faktor-faktor pembentuk pariwisata sebagai berikut :
a. Perjalanan dilakukan untuk sementara waktu
b. Perjalanan dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya
c. Perjalanan (apapun bentuknya) harus selalu dikaitkan dengan rekreasi
d. Orang yang melakukan perjalanan tidak mencari nafkah di tempat yang dikunjunginya dan semata-mata sebagai konsumen di tempat tersebut.

Jenis dan Macam Pariwisata
a)      Jenis dan macam pariwisata berdasarkan letak Geografis
b)      Jenis dan macam pariwisata berdasarkan pengaruhnya terhadap neraca pembayaran
c)      Jenis dan macam pariwisata menurut alasan/tujuan pariwisata
d)     Jenis dan macam pariwisata menurut saat atau waktu berkunjung
e)      Jenis dan macam pariwisata menurut objeknya
f)       Jenis dan macam pariwisata menurut alat transportasi yang digunakan
g)      Jenis dan macam pariwisata menurut usia wisatawan
h)      Jenis dan macam pariwisata menurut jenis kelamin
i)        Jenis dan macam pariwisata menurut menurut harga dan tingkat social

Prasarana dan sarana pariwisata

Prasarana (infrastructures) adalah semua fasilitas yang menungkinkan proses perekonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa, sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya.
Sarana Pariwisata (tourism superstructures) adalah perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupan perusahaan tersebut sangat tergantung pada kedatangan wisatawan. Sarana Pariwisata dapat di bagi ke dalam tiga bagian, yaitu : sarana pokok pariwisata, sarana pelengkap pariwisata, dan sarana penunjang pariwisata
,
“Usaha-usaha pengembangan pariwisata di Indonesia bersifat suatu pengembangan industri pariwisata dan merupakan bagian dari usaha pengembangan dan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat dan negara”.
Sesuai dengan intruksi Presiden tersebut, dapat dikatakan bahwa tujuan pengembangan pariwisata Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pendapatan devisa pada khususnya dan pendapatan negara dan masyarakat pada umumnya, perluasan kesempatan serta lapangan kerja dan mendorong kegiatan-kegiatan industri penunjang dan industri-industri sampingan lainnya.
2. Memperkenalkan dan mendayagunakan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia.
3. Meningkatkan persaudaraan/persahabatan nasional dan internasional.

Jenis-Jenis Usaha Pariwisata

1.      Usaha Jasa Akomodasi
A.    Pengertian Hotel
Hotel merupakan suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan, dan minum, serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu hotel memiliki karakteristik sebagai berikut :
komersial. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu hotel memiliki karakteristik sebagai berikut :

·         Merupakan suatu jenis akomodasi
·         Menyediakan pelayanan akomodasi, makanan, dan minuman
·         Disediakan bagi setiap orang, dan
·         Dikelola secara komersial (bertujuan untuk mencari keuntungan).



Beberapa Perbedaan yang Ada di antara Tipe Akomodasi
·         Paying/non-paying
·         Service/non-service
·         Owned/rented
·         Primary purpose/secondary purpose
·         Static/mobile
·         Purpose to visit
·          
Beberapa Perbedaan yang Ada di antara Tipe Akomodasi
·         Paying/non-paying
·         Service/non-service
·         Owned/rented
·         Primary purpose/secondary purpose
·         Static/mobile
·         Purpose to visit
·          
Beberapa Perbedaan yang Ada di antara Tipe Akomodasi
·         Paying/non-paying
·         Service/non-service
·         Owned/rented
·         Primary purpose/secondary purpose
·         Static/mobile
·         Purpose to visit

Kesimpulan

ü  Dengan Usaha jasa restoran mampu memberikan kesempatan bekerja (membuka lapangan kerja baru).

ü  Setiap orang pasti membutuhkan makanan dan minuman. Oleh sebab itu, banyak orang mencari restoran/tempat makan yang mampu menyediakan jenis makanan dan minuman tertentu dengan pelayanan yang menyertainya.


ü  Usaha jasa restoran mampu menyerap pendapatan yang cukup besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar